Pengertian Biaya Akuisisi dan Biaya lainnya yang perlu Anda Ketahui

Biaya Akuisisi
Pada postingan sebelumnya saya pernah menulis akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan biaya akuisisi. Terkadang ada agen yang lupa atau tidak menjelaskan apa itu biaya akuisisi, sehingga mungkin nasabah kaget kenapa dana tunia sedikit pada tahun-tahun awal. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan menjelaskan apa sih yang dimaksud dengan biaya akuisisi dan juga beberapa biaya lainnya yang akan dibebankan ke nasabah saat membeli produk asuransi jiwa khusunya unit link. Mudah-mudahan bisa dimengerti dan di pahami.


Biaya Akuisisi adalah biaya perolehan atas polis yang akan dibebankan Perusahaan Asuransi ke nasabah ketika membeli polis asuransi jiwa untuk mendapatkan fasilitas polis, biaya ini umumnya dipergunakan untuk membiaya operational perusahaan dan termasuk di dalamnya adalah untuk membayar komisi si agent. Biaya ini cukup besar dan lumayan lama namun tidak selamanya akan dibebankan sekitar 5 tahun saja dari premi asuransi nasabah dengan persentasi yang semakin kecil tiap tahunnya. Berikut adalah besar presentasi pembebanan  biaya akuisi pada perusahaan kami :

Biaya Akusisi TH 1 TH 2 TH 3-5 TH 6 >
Premi Asuransi 100% 60% 15% 0%

Selain biaya akuisisi nasabah juga akan dikenakan beberapa biaya antara lain :
  1. Biaya Asuransi, adalah biaya asuransi sesungguhnya atas manfaat yang diambil, kemudian perusahaan asuransi bayarkan ke perusahaan Re-asuransi (Reas). biaya ini nilainya akan berubah setiap tahunnya seiring bertambahnya usia tertanggung.
  2. Biaya Administrasi, adalah biaya administrasi rekening yang akan dikenakan tiap bulannya.
  3. Biaya Awal Saver / Top Up, biaya awal ketika penempatan saver / top up.
  4. Biaya Investasi, adalah biaya pengelolaan investasi.
Karena biaya akuisisi cukup besar di tahun pertama dan kedua maka biaya asuransi dan biaya administrasi akan dihutangkan terlebih dahulu oleh perusahaan asuransi dan akan dipotong mulai tahun ketiga.

Demikian penjelasannya, klo dihitung-hitung banyak juga yah biaya yang kita keluarkan untuk membuka sebuah polis asuransi jiwa. Tapi saya yakin anda yang sudah membaca artikel sebelumnya (beli Asuransi yah pasti rugi) ga merasa dirugikan.

Terima kasih, salam proteksi...

Share:

22 comments:

  1. Hari gini ga punya asuransi..!!

    ReplyDelete
  2. Saya ikutan asuransi kalo seandainya dalam tahun ke 6 saya keluar dari asuransi tersebut, apakah uang yg selama saya bayarkan bisa diambil kembali, karena selama saya ikutan asuransi tersebut saya belum pernah memakai biaya rawat inap dan segala macamnya. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru sempat d balas, informasi yg di berikan kurang lengkap. sy tidak tahu polis asuransi ap yg mba arien beli. Jadi saya tidak tahu apakah produknya ada nilai tunai atau tidak. Jika yg di beli adalah produk asuransi unitlink biasanya ad nilai tunai yg dapat diambil.

      Jumlah nilai tunainyapun tergantung dengan pembagian alokasi preminya, manfaat asuransi yang diambil, dan hasil investasi selama 6 tahun.

      Untuk Produk unitlink sebenarnya flexible, nasabah bisa widthraw (tarik) atw top up(tambah) nilai tunai/ dana investasinya kapan saja selama saldonya ad. namun biasanya nilai tunai di tahun ke-6 masih kecil dari dr yg nasabah setor.

      Oleh karena itu, untuk mendapatkan investasi maksimal sebaiknya membuka polis asuransi unit link untuk waktu jangka panjang 10-20 thn.

      Sekian, semoga bisa terjawab. Jika butuh penjelasan lebih lanjut bisa contact sy melalui email firmansyah85@gmail.com

      Delete
  3. infonya sangat menarik...
    mantap...
    salam sukses...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas pertanyaannya, mmg benar setelah 5 thn by akuisisi sdh tdk ad lg sprti yg sy jelaskan d atas. Tp setelah itu nasabah tetap akan dikenakan by admin, by top up dan by asuransi agar manfaat asuransinya tetap berjalan.

    Adapun by asuransinya tergantung manfaat yg diambil nasabah, smkn banyak manfaat asuransi yg di ambil maka by asuransinya smkn besar. Contoh seperti BPJS by asuransi untuk manfaat kesehatannya 59.500/bln selama nasabah ingin mendapat proteksinya. Itu baru satu manfaat belum untuk by asuransi jiwanya, sakit kritis dll jika ada.

    Sedangkan untuk by admin dikenakan sekitar 27.500 or 37.500/bln. by top & investasi 5% dr premi saver atau jika ad top up lg.

    Ilustrasinya :
    - Sisa Dana .............................................................................. 2.000.000
    - Hasil investasi / ROI (misal 15%/thn) ........................................... 300.000
    - By asuransi (total semua manfaat 150rb/bln x 12bln) ................. -1.800.000
    - By Admin 27.500/bln x 12bln .................................................... -330.000
    - By Top up ( tdk ad top up lg) ................................................................. 0
    Sisa Dana.................................................................................... 170.000

    Wah klo liat ilustrasi di atas, sisa dana sebesar 2 jt tsb bisa hbs kurang lebih setahun. Dan harus setor premi lg agar manfaat asuransi tetap berjalan.

    Saran sy untuk mendapatkan manfaat investasi di unit link masa bayarnya d perpanjang min. 10-20 thn atw lebih baik lagi sampai usia kita pensiun. Begitupun dgn penarikannya dilakukan nanti saja saat benar2 membutuhkannya.

    Demikian, semoga terjawab. Klo ad pertanyaan lg bisa hub melalui hp atw email. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok pertanyaannya ke hapus yah. Ketik ulang deh...

      Pertanyaannya Ikut asuransi unit link jangka waktu 5 thn dgn premi tahunan 5 jt, setelah 5 tahun ad saldo kurang lebih 10jt lalu ditarik 8jt. sisa dana 2 juta apakah nilainya bertambah setelah 1-2 thn kemudian?

      Delete
  5. Halo.. saya buta akan biaya2 di asuransi. Ceritanya saya sudah masuk asuransi 5 thn dgn agen A karena agen A sudah tdk aktif. Datanglah agen B menwarkan ausransi perusahaan yg sama dgn pembyrn premi lbh tinggi. Karena manfaat nya lbh bagus. Dia menyarankan kita untuk menutup polis lama dan buka polis baru. Apakah saya mengalami kerugian. Jk saya menutup polis lama da membuka polis baru lagi dgn perusahaan yg sama. Dan bisa diberikan proyeksi jumlah kerugian nya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Pak Pen Ong,

      Terima kasih atas pertanyaannya, Klo menurut saya sebaiknya polis lama jangan ditutup sebaiknya dilanjutkan saja. Jika ingin membuka polis baru tinggal melengkapi saja manfaat asuransi yang belum ada di polis lama bapak.

      Masalah rugi atau nggak tergantung dari tujuan bapak buka polis. Klo seandainya tujuannya untuk investasi, Polis lama yang baru berusia 5 tahun ditutup secara hitung2an dengan premi yang bapak setor selama lima tahun masih rugi. Karena pembebanan biaya akuisisi pada 5 tahun di awal cukup besar biasanya jd belum BEP (Balik Modal).

      Tp klo tujuannya buka polis untuk proteksi, sy kira tidak rugi. karena kita bayar premi asuransi untuk dapat perlindungan dan tidak terlalu mengharapkan uang kembali. seperti pada postingan sy berikut :

      http://pmansyah.blogspot.com/2013/03/beli-asuransi-yah-pasti-rugi-tapi.html

      Saya kira itu penjelasannya, semoga dapat terjawab.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  6. assalamualaikum, pak saya mau tanya untuk biaya komisi asuransi kendaraan bermotor dan harta benda tarif minimum dan mksimum sudah diatur oleh ojk, kalau asuransi jiwa bagaimana pak? apakah perusahaan menetapkan sendiri tarifnya?
    terimakasih....

    ReplyDelete
  7. terima kasih, ilmunya sangat bermanfaat,,, ijin sedot

    Software Akuntansi

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Mas firmansyah, saya ikut asuransi AIA provisa syariah jangka 5thn. Sekarang berjalan mau 2thn. Apakah setelah 5thn uang yang saya investasikan dapat diambil 100%?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya pak Sutrisno, terus terang saya tidak terlalu paham secara detail tentang produk AIA provisa syariah. Tapi saya akan coba jawab berdasarkan ringkasan produk yang saya pelajari dari web AIA berikut : https://www.aia-financial.co.id/content/dam/id/in/docs/our-products/Ringkasan%20Produk%20Provisa%20Syariah.pdf

      provisa syariah termasuk produk unit link yang terdiri dari asuransi jiwa saja (tanpa rider) dan investasi. Disana dijelaskan mengenai biaya akuisi dan biaya-biaya lainya. Biaya akuisisi hanya dikenakan 75% pada tahun pertama saja selebihnya akan masuk investasi setelah dipotong biaya asuransi dan admin bulanan serta biaya pengelolaan investasi pertahun perportfolio (Alokasi Premi Bersih untuk Investasi).

      Disana juga dijelaskan mengenai biaya penalty apabila kita melakukan pembatalan akun/tutup polis jika polis ditutup sebelum usia polis 8 thn dengan besaran penalty yang berbeda tiap tahunnya.

      lalu Untuk menjawab pertanyaan bapak apakah uang bapak bisa balik 100% setelah 5 tahun? jawabnya tergantung dari hasil investasi 5 tahun kedepan, hasilnya bisa sama, lebih besar bahkan bisa lebih kecil dari yang bapak setor (perhitungkan juga penalty jika ditutup kurang dari 8 tahun). Untuk melihat PERKIRAAN nilai akun / nilai investasi pada polis bapak ditahun ke-5 bisa di cek pada ilustrasi yang bapak tandatangani saat pembukaan polis (biasanya terlampir pd polis).

      Perlu dipahami juga pada asuransi unitlink tidak ada jangka waktu / kontrak pembayaran yang ada hanya RENCANA BAYAR, jadi nasabah bisa bayar premi sampai batas amannya saja atau bisa cuti premi pd tahun tertentu (polis provisa 5 tahun) atau bisa lanjut bayar selamanya.

      Dan tujuan dari asuransi unitlink sebenarnya adalah untuk menjaga manfaat asuransi pada polis tetap berjalan dikala nasabah tidak sanggup bayar biaya asuransinya karena ada nilai tunai polis yang membackupnya.

      Demikian pak sutrisno, mudah-mudahan bisa terjawab.

      thx

      Delete
  11. besaran biaya tergantung request dan keinginan kita ya

    ReplyDelete
  12. Prediksi Togel Mekong 15 Juni 2020 <a href="https://indextogel.org/prediksi-togel/prediksi-togel-mekong-15-juni-2020/ </a> Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    ReplyDelete